BAB 6 Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

· ISD
Authors

Nama : Sisca Ellia

NPM  : 16111783

Kelas : 1KA32

1.      Jelaskan pengertian massa !

Jawab :

Massa secara umum berbeda dengan pengertian massa dalam komunikasi. Secara umum massa diartikan sebagai orang yang tidak saling mengenal, berjumlah banyak, anggotanya heterogen, berkumpul di suatu tempat dan tidak individualistis. Massa memiliki kesadaran diri yang rendah, tidak dapat bergerak dengan terorganisir, tidak bertindak untuk dirinya sendiri melainkan terdapat “dalang” di belakangnya yang berfungsi memanipulasi mereka. Ini berbeda pengertiannya bila dikaitkan dengan ilmu komunikasi. Massa dalam komunikasi lebih merujuk pada penerima pesan media massa atau disebut audience. Istilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain.

2.      Sebutkan ciri-ciri massa !

Jawab :

1.   Keanggotaannya berasal dari semua lapisan masyarakat atau strata sosial, meliputi orang-orang dari                 berbagai posisi kelas yang berbeda, dari jabatan kecakapan, tingkat kemakmuran atau kebudayaan yang         berbeda-beda. Orang bisa mengenali mereka sebagai masa misalnya orang-orang yang sedang mengikuti         peradilan tentang pembunuhan misalnya malalui pers.

2.   Massa merupakan kelompok yang anonym, atau lebih tepat, tersusun dari individu-individu yang anonym.

3.   Sedikit interaksi atau bertukar pengalaman antar anggota-anggotanya.

 

STUDI KASUS

Permukiman Ahmadiyah Diserang

BOGOR, KOMPAS.com

Sekelompok massa menyerang dan membakar kompleks permukiman warga Ahmadiyah di Desa Cisalaga, Ciampea, Kabupaten Bogor, Jumat (1/10/2010) malam.

Menurut pemantauan Antara di lokasi kejadian, tiga rumah dan satu masjid milik warga Ahmadiyah hangus terbakar, termasuk satu sepeda motor dan satu mobil.

Penyerangan oleh massa yang tidak senang dengan keberadaan permukiman Ahmadiyah tersebut mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, situasi tampak mencekam. Puluhan polisi dari Polres Bogor dan juga personel Brimob tampak membuat barikade di gerbang masuk permukiman tersebut untuk mencegah serangan massa yang masih mencoba masuk.

Sumber :

http://kompas.com/permukiman/ahmadiyah/diserang

OPINI :

Menurut pendapat saya, massa melakukan perbuatan anarkis (menyerang dan membakar pemukiman warga) yang merugikan masyarakat sekitar dan susah untuk diatur oleh polisi serta bersikap egois ataupun mau menang sendiri, sebaiknya masalah tersebut bisa diselesaikan secara baik-baik dengan cara berbiara langsung dengan warga sekitar dan mencari jalan keluarnya ataupun dengan bantuan polisi untuk memberikan jalan keluar agar kedua belah pihak tidak dirugikan.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: