JENIS-JENIS KONFLIK Part 1

· Teori Organisasi Umum 1
Authors

Pada hakekatnya konflik merupakan suatu pertarungan menang kalah antara kelompok atau perorangan yang berbeda kepentingannya satu sama lain dalam organisasi, atau dapat dikatakan juga bahwa konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antogonistik antara dua atau lebih pihak yang terkait.

Konflik ada berbagai macam jenisnya, dimana setiap pakar konflik memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam mengklasifikasikannya. Secara umum mereka melihat konflik itu jenisnya dalam beberapa bentuk, yaitu:

  1. Konflik pada diri individu itu sendiri
  2. Konflik antar individu
  3. Konflik individu drngan institusi

Namun ada baiknya jika kita memahami konflik itu dari berbagai pendapat para ahli sebagai penguat pemahaman kita agar lebih terperinci.

Adapun mengenai jenis-jenis konflik, ada beberapa orang yang mengelompokkan konflik menjadi sebagai berikut:

  • Person rile conflict , merupakan konflik yang terjadi pada peranan diri seseorang. Biasanya konflik ini terjadi akibat ego seseorang yang mengakibatkan suatu sikap yang bisa menimbulkan masalah dengan orang lain, yang disebut konflik.
  • Interrole conflict , merupakan konflik antar peranan. Masksudnya adalah konflik yang timbul karena satu orang menjabat satu atau lebih fungsi yang saling bertentangan.
  • Intersender conflict , merupakan konflik yang terjadi karena seseorang harus memenuhi beberapa orang. Contoh seperti siswa yang pintar bermain piano dan sangat di bangga-banggakan sekolah, dia diharapkan agar selalu memenangkan lomba seni musik antar sekolah, akan tetapi dia merasa tersiksa karena beban yang dipikulnya cukup berat karna harus memenuhi harapan beberapa orang.
  • Intrasender conflict , merupakan konflik yang terjadi karena di sampaikan informasi yang saling bertentangan. contoh nya adalah jika  seserang secara tidak sengaja atau sengaja memberikan informasi yang salah, sehingga merugikan pihak si pengolah atau si penerima informasi.

Sumber :

Irham, Fahmi (2012). Manajemen. Penerbit ALFABETA.

Kertonegoro, Sentanoe (1994). Manajemen Organisasi. Jakarta : P.T WIDYA PRESS JAKARTA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: