TUGAS 2

· Teori Organisasi Umum 1, Uncategorized

SOAL ESSAY!

1.  Jelaskan pengertian konflik menurut T. Hani Handoko!

Jawab :

Pada hakikatnya konflik dapat didefinisikan sebagai segala macam interaksi pertentangan atau antagonistic antara dua atau lebih pihak.“ Lebih jauh T. Hani Handoko mengatakan tentang konflik organisasi, yaitu : “Konflik organisasi (origizational conflict) adalah ketidaksesuai amtara dua atau lebih. Anggota – anggota atau kelompok – kelompok organisasi yang timbul karena adanya kenyataan bahwa mereka harus membagi sumber daya – sumber daya yang terbatas atau kegiatan – kegiatan kerja dan  atau karean kenyataan bahwa mereka mempunyai perbedaan status, tujuan, nilai atau persepsi.

2.  Sebutkan dan Jelaskan jenis-jenis konflik dalam kehidupan organisasi menurut T. Hani Handoko?

Jawab

  1. Konflik dalam diri individu, yang terjadi bila seorang individu menghadapi ketidakpastian tentang pekerjaan yang dia harapkan untuk melaksanakannya, bila berbagai permintaan pekerjaan saling bertentangan, atau bila individu diharapkan untuk melakukan lebih dari kemampuannya.
  2. Konflik antar individu dalam organisasi yang sama, dimana hal ini sering diakibatkan oleh perbedaan-perbedaan kepribadian. Konflik ini juga berasal dari adanya konflk antar peranan (seperti antara manajer dan bawahan).
  3. Konflik antara individu dan kelompok, yang berhubungan dengan cara individu menanggapi tekanan untuk keseragaman yang dipaksakan oleh kelompok kerja mereka. Sebagai contoh seorang individu mungkin dihukum atau diasingkan oleh kelompok kerjanya karena melanggar norma-norma kelompok.
  4. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama, Karena terjadi pertentangan antar kelompok. Konflik ini merupakan tipe konflik yang banyak terjadi di dalam organisasi – organisasi. Konflik antar lini dan staf, pekerja dan pekerja – manajemen merupakan dua macam bidang konflik antar kelompok.
  5. Konflik antar organisasi, yang timbul sebagai akibat bentuk persaingan ekonomi dan sistem peekonomian suatu negara. Konflik ini telah mengarahkan timbulnya pengembangan produk baru, teknologi, dan jasa, harga-harga lebih rendah dan penggunaan sumber daya lebih efisien.  Contoh seperti di bidang ekonomi dimana Amerika Serikat dan negara-negara lain dianggap sebagai bentuk konflik, dan konflik ini biasanya disebut dengan persaingan.

3.  Sebutkan dan Jelaskan 5 hirarki kebutuhan menurut Maslow!

Jawab:

1.      Physiological needs

Kebutuhan yang paling dasar yang harus dipenuhi seorang individu. Contoh: makan, minum, menjaga kesehatan, rumah (tempat tinggal).

2.      Safety and security need

Kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan pertama dipenuhi. Contoh: keamanan.

3.      Social needs

Kebutuhan social yang mencakup perasaan.

4.      Esteem needs

Kebutuhan yang mencakup pada keinginan untuk memperoleh harga diri yang bergantung pada keinginan akan kekuatan, kompetensi, kebebasan, dan kemandirian. Hal ini bertalian dengan achienvement motivation, dorongan untuk berprestasi.

5.      Self-actualization needs

Keinginan menggunakan potensi yang dimiliki dan mengaktualisasikannya dalam bentuk pengembangan dirinya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: