Kepuasan Konsumen terhadap suatu produk

· Teori Organisasi Umum 2

Perilaku konsumen yaitu proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen ini merupakan hal yang mendasar suatu konsumen untuk mengambil keputusan akan barang yang ia beli di dalam proses pembelian dan menggunakan serta memperoleh barang tersebut dengan baik. Perilaku konsumen terhadap suatu produk dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya keyakinan konsumen terhadap produk yang bersangkutan dimana konsumen merasa yakin akan barang yang ia beli sehingga merasa puas akan barang tersebut, keyakinan terhadap referen serta pengalaman masa lalu konsumen dimana konsumen belajar dari pengalaman akan membeli suatu barang. Misalnya saja, dahulu si konsumen membeli produk tas dengan harga yang murah dan juga dilihatnya menarik sehingga konsumen itu langsung membeli tas tersebut. Setelah satu minggu ia pakai, ternyata tas tersebut rusak dan tidak dapat dipakai lagi. Ketika konsumen membeli tas lagi ia belajar dari pengalamannya bahwa ia tidak boleh melihat dari menariknya saja tapi juga harus melihat bahan dari tas tersebut berkualitas atau tidak serta jahitannya kuat atau tidak. Saat membelinya konsumen ini mulai cermat dengan melihat bahannya, jahitannya, dan harganya dan ia memilih tas yang bagus dan harganya pun terjangkau dan membuat ia yakin akan barang yang ia beli.

Kepuasan suatu konsumen itu ada 2 yaitu kepuasan konsumen dapat diukur dengan satuan misalnya uang, dan kepuasan konsumen tidak diukur dengan satuan melainkan tingkat kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah.

Sifat dari perilaku konsumen terdapat 3 sifat yaitu:
1. Consumer Behavior Is Dynamic
Perilaku konsumen dikatakan dinamis karena proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap individu konsumen, kelompok konsumen, dan perhimpunan besar konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat yang dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi sangat menantang sekaligus sulit.
2. Consumer Behavior Involves Interactions
Dalam perilaku konsumen terdapat interaksi antara pemikiran, perasaan, dan tindakan manusia, serta lingkungan. Semakin dalam suatu perusahaan memahami bagaimana interaksi tersebut mempengaruhi konsumen semakin baik perusahaan tersebut dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen serta memberikan value atau nilai bagi konsumen.
3. Consumer Behavior Involves Exchange
Perilaku konsumen melibatkan pertukaran antara manusia. Dalam kata lain seseorang memberikan sesuatu untuk orang lain dan menerima sesuatu sebagai gantinya.

Setiap konsumen pastinya menginginkan produk yang ia beli berkualitas, harganya pun terjangkau dan memuaskannya. Bahan-bahan yang digunakan oleh produk tersebut haruslah bagus dan memiliki daya jual yang tinggi. Seperti halnya kita sebagai konsumen yang menginginkan produk yang kita beli haruslah bagus dan berkualitas tinggi serta harganya pun murah dan terjangkau dan mempunyai nilai yang tinggi akan barang tersebut. Hal itu akan membuat konsumen merasa puas akan barang yang ia beli. MIsalnya saja untuk kita membeli suatu barang pastinya melihat bahannnya bagus dan berkualitas, tahan lama atau tidak mudah rusak, barangnya pun menarik dan berbeda dari yang lain. Untuk kita membeli suatu makanan pastinya kita akan melihat lingkungan/tempat yang bersih, makanannya pun enak dan harganya terjangkau.

Perilaku konsumen terhadap suatu produk dapat dilihat dari :
– Harga dan Kualitas
Ketika konsumen membeli suatu produk, pastilah menginginkan produk dengan harga lebih murah dibandingkan dengan produk lain dan akan membeli produk tersebut. Di samping dengan
harganya, konsumen jug melihat kualitas dari produk tersebut. Dimana konsumen akan memilih kualitas produk yang lebih bagus dibandingkan dengan kualitas produk yang lain.
Contohnya saja produk oli pelumas yang dibutuhkan pada mesin motor seperti merek oli Enduro dengan oli Top 1. Harga oli merek Enduro jauh lebih murah dibandingkan dengan oli Top 1. Sehingga konsumen akan lebih memilih oli Enduro dari Pertamina dibandingkan dengan oli Top 1. Selain harganya lebih murah, kualitas produknya juga lebih bagus dibandingkan oli Top 1. Karena oli Enduro, olinya lebih kental sehingga tidak gampang menguap maka olinya tidak cepat berkurang dan lebih hemat dan juga asap dari motor tersebut tidak bau dibanding oli lain.

– Tempat
Selain harga dan kualitas, konsumen juga akan melihat tempat pembelian produk tersebut. Dimana konsumen akan membeli suatu produk di tempat pembelian yang paling dekat dari tempatnya berada.
Karena bisa menghemat biaya.
Contohnya saja air minum dalam kemasanmerek Aqua dan Nestle. Banyak konsumen yang lebih memilih Aqua dibandingkan dengan Nestle. Karena air minum kemasan merek Aqua bisa kita dapatkan dan beli dimana saja, baik itu di warung, di pedangan asongan, di supermarket dan lain-lain tapi kalau air minum kemasan merek Nestle hanya dijual di supermarket atau minimarket saja. Dan juga harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan Nestle.

– Pendapatan
Seorang konsumen yang mempunyai pendapatan yang lebih kecil pastilah membeli suatu produk sesuai dengan kebutuhannya saja atau membeli hanya yang penting saja. Sedangkan konsumen yang mempunyai pendapatan yang besar akan membeli apa saja baik kebutuhan primer, sekunder dan tersier.
Contohnya saja ada 2 konsumen yang ingin membeli barang di supermarket. Konsumen 1 pekerjaannya hanya seorang karyawan hanya memiliki pendapatan yang cukup untuk dirinya sendiri dalam 1 bulan sehingga hanya membeli kebutuhan primer saja. Sedangkan konsumen 2 memiliki usaha sendiri dengan pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan konsumen 1 sehingga konsumen 2 biasa membeli apa saja baik kebutuhan primer seperti makanan, minuman, perlengkapan mandi dan sebagainya, kebutuhan sekunder dan tersier seperti tas, motor, perhiasan dan sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: