Selamat Datang Televisi Masa Depan

· Artikel

Sebuah Lembaga survey International pernah melakukan pengukuran kepada pemirsa televisi pada tahun 2012 yang menunjukan konsumsi media televasi masih memimpin total konsumsi media saat ini yaitu 94% dari total populasi media konvesional di Indonesia. Dalam perjalanannya, manusia terus berevolusi dan tidak pernah puas terhadap pencapaiannya, termasuk dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Mulailah tumbuh kebutuhan akan siaran yang lebih beragam.Penonton bisa menikmati tayangan berdasarkan peminatan, misalnya siaran khusus tayangan olahraga, film, music, hingga sejarah pun tersedia. Televisi juga mampu membuktikan diri sebagai alat informasi elektronik yang mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan teknologi. Kini, televisi telah bertransformasi layaknya computer, biasa disebut smart TV. Sifat audio visualnya membuat televisi mampu melintasi waktu, melintasi generasi untuk terus bertahan menajdi sarana manusia meraih informasi sekaligus hiburan.

Perkembangan “televisi pintar” menjadi sangat menarik untuk dicermati. Pasalnya, lembaga survey internasional yang sering melakukan survey mengenai seluk-beluk televisi mulai mengembangan sayapnya dengan meneliti penonton internet di Amerika Serikat. Ini perlahan akan merambah ke berbagai Negara termasuk Indonesia. Maka dari itu, Samsung mengeluarkan Samsung Ultra High Definition(UHD) Televisi 85 inchi S9 yang dijual dengan harga 419 juta. Dengan harga yang mahal, namun Samsung percaya pasar untuk televisi ada. Melohat adanya celah di pasar televisi Indonesia, Samsung percaya di tahun mendatang pasar smart TV akan berubah dari blue ocean menjadi red ocean.

Menghadapi persaingan di masa depan, Samsung mempersiapkan diri dengan membenamkan berbagai keunggulan di UHD TV miliknya. Samsung UHD TV diklaim sebagai satu-satunya UHD TV yang kompatibel dengan standar format UHD masa depan. Hal ini dikarenakan UHD TV bisa diupgrade dengan teknologi Evolution Kit. Evolution Kit adalah sebuah perangkat keras yang dapat meng-upgrade smart TV sehingga kemampuan smart TV tahun sebelumnya menjadi hampir sama dengan kemampuan smart TV terbaru. Misalnya, tampilan Smart Hub yang lebih user-friendly, prosesor yang lebih cepat, dan interaksi yang lebih baik dari sebelumnya. TV Samsung yang dapat diupgrade dengan Evolution Kit yang ada saat ini adalah smart TV keluaran 2012 yaitu seri ES7500. ES8000, E8000, ES9000. Untuk TV keluaran 2013, diantaranya seri F7500, F8000, F9000, dan S9, akan dapat diupgrade dengan Evolution Kit yang akan mulai dijual pada pertengahan 2014.
Samsung UHD TV akan memanjakan mata karena memiliki resolusi yang sangat tinggi, yaitu 3.840 x 2.160 pixel.

Teknologi Upscaling (Quad Detail Enhancement) membuat semua sumber siaran baik siaran langsung TV dan gambar bergerak lain menajdi berkualitas UHD. Kualitas gambar juga didukung teknologi Precision Black Pro yang menghasilkan warna hitam yang lebih pekat dan warna putih yang lebih alami dan terang. TV UHD 85 inci S9 ini juga mendukung integrasi antarperangkat Samsung yang lain. Fitur-fiturnya antara lain AllShare yang memudahkan transfer antarperangkat Samsung. Screen Mirroring yang menampilkan konten foto dan video dari Samsung Galaxy ke TV, serta Smart View yang memungkinkan kita menonton 2 tayangan yang sama atau berbeda pada saat bersaman dari layar TV dan Samsung Galaxy.

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: