TELEMATIKA DAN ARAH PERKEMBANGANNYA DI MASA DEPAN

· Pengantar Telematika
Authors

Zaman pra sejarah, manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lain menggunakan menggunakan simbol-simbol berupa ukiran pada batu, dinding gua, dan lainnya. Mereka menuangkan ide, pikiran dan pengetahuan ke lingkungannya secara verbal sehingga komunikasi hanya untuk jarak dekat saja. Lalu, ditemukannya teknologi cetak yang memudahkan mereka untuk berkomunikasi sehingga informasi yang diberikan bisa ke banyak orang di wilayah yang luas dengan harga murah. Seiring dengan perkembangan zaman, seseorang bisa berkomunikasi dengan banyak orang di wilayah yang berbeda dengan mudah. Bukan saja berkomunikasi, tetapi mereka bisa berbagi informasi, mengirimkan data, dan sebagainya dengan menggunakan internet berupa e-mail, media social, dan sebagainya. Adanya komunikasi jarak jauh yang menyampaikan informasi satu arah dan saling timbal balik antara yang seorang dengan yang lainnya dengan teknologi informasi ini disebut Telematika.

Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika.

    • Telekomunikasi : Teknik pengiriman pesan dari suatu tempat ke tempat lain yang berlangsung secara dua arah serta mencakup semua bentuk komunikasi jarak jauh.
    • Informatika : Struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi. Secara etimologi, Telematika terbagi 2 kata, yang diambil dari bahasa yunani “tele” (‘jauh’ terutama dalam kaitannya dengan proses produksi atau merekam) dan “Matos” (turunan dari Yunani machinari atau penemuan, biasanya diambil dalam konteks ini automation, berarti ‘dengan sendirinya’). Sehingga Telematika adalah sistem komunikasi jarak jauh yang lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi.

Adapun fungsi Telematika yaitu

  • Menyampaikan informasi. Telematika ini digunakan untuk menyampaikan informasi bisa berupa memberikan pengetahuan/wawasan kepada seseorang ataupun yang lainnya sehingga saling berbagi informasi.
  • Sarana kontak sosial hidup bermasyarakat. Telematika digunakan sebagai penghubung antarorang di wilayah yang berbeda sehingga adanya interaksi sosial.

Sejarah perkembangan Telematika di Indonesia
Berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat, perkembangan telematika mengalami 3 periode. Periode pertama pada tahun 1970-an sampai 1980-an disebut periode rintisan, periode kedua pada tahun 1990-an disebut periode pengenalan, dan periode terakhir mulai tahun 2000 disebut periode aplikasi.

1. Periode Rintisan

    Periode Rintisan berawal dari tahun 1970-an. Perhatian masyarakat Indonesia yang minim akan perkembangan telematika dan ketersediaan listrik yang terbatas membuat masyarakat Indonesia menghiraukan pekembangan telematika. Pada tahun 1980-an, pembelajaran menggunakan teknologi informasi, telekomunikasi dan multimedia mulai dilakukan. Jaringan telepon, saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan internasional, serta komputer mulai dikenal di Indonesia, walaupun penggunanya masih terbatas. Sarana kirim pesan menggunakan internet atau yang dikenal dengan e-mail pun baru dirintis pada tahun 1980-an.

2. Periode Pengenalan

    Periode pengenalan ini berawal pada tahun 1990-an, banyak masyarakat yang mulai mengenal dan menggunakan teknologi telematika seperti computer, internet, pager, handphone, teleconference, siaran radio dan televis internasional – tv kabel Indonesia. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri mulai marak pada awal tahun 1990 ini. Pada tahun 1994, internet mulai masuk ke Indonesia sehingga penggunaannya bukan saja dari kalangan pelajar, tapi juga sampai ke perkantoran. ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan pada tahun yang sama, beroperasi ISP komersil pertama, yaitu INDOnet. Mulai hadirnya televisi swasta seperti RCTI dan SCTV.

3. Periode Aplikasi

    Periode ini pada tahun 2000, pemerintah Indonesia serius menaggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan politik. Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI), dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika. Pada periode ini, pertumbuhan mobile phone yang semakin cepat sehingga fungsi yang ditawarkannya pun terbilang canggih. Muatannya antara 1 Gigabyte, dapat berkoneksi dengan internet juga stasiun televisi, dan teleconference melalui 3G. Teknologi komputer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access point sehingga internet mudah diakses dimana saja.

Pemanfaatan Telematika

Pemanfaat telematika yaitu:

  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics). Ragam Bentuk Telematika Ragam bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang diberbagai sector.
  • Dalam bidang pemerintahan, adanya e-government yang digunakan untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Badan yang secara khusus mengurus hal – hal berkaitan dengan telematika yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesi (TKTI) yang bertugas untuk mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori kegiatan dalam rangka meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia.
  • Dalam bidang ekonomi, adanya e-commerce. Prinsip dasar dari e-commerce adalah proses jual beli yang dilakukan secara elektronik melalui internet. Karena e-commerce ini dapat diakses secara luas dan mudah maka proses jual belinya pun dengan pemasangan iklan, melakukan pemesanan barang, melakukan pembayaran dan pengiriman barang.
  • Dalam bidang pendidikan, adanya e-learning. Perkembangan e-learning didukung dengan banyaknya web bernuansa pendidikan yang dibangun sehingga memudahkan pengaksesan pendidikan oleh siapapun yang ingin belajar tanpa dibatasi oleh umur.

Perkembangan Telematika di Masa yang akan Datang

Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan telematika di masa yang akan datang pasti bertambah pesat sehingga masyarakat harus bisa mengikutinya. Setiap individu bisa saja mengembangan teknologi telematika ini, asalkan individu tersebut menaati aturan norma-norma yang ada sehingga tidak merugikan orang lain. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga.

Ada lima kelompok industry yang berperan besar dalam perkembangan trend telematika ke depan, diantaranya:
1. Infrastruktur Telekomunikasi (biasanya resiko bisnis paling besar)
2. Infrastruktur Internet (biasanya resiko bisnis sedang & rendah)
3. Hosting service (biasanya resiko bisnis rendah)
4. Transaction type service (biasanya resiko bisnis rendah)
5. Content / knowledge producer (biasanya resiko bisnis rendah)

Sumber :
http://dee-x-cisadane.webs.com/apps/blog/show/19169220-sejarah-penerapan-dan-perkembangan-trend-telematika-ke-depan
http://fikrialmabrur.blogspot.com/2012/09/pengertian-dan-sejarah-telematika.html
http://interizky.blogspot.com/2013/12/telematika-definisi-sejarahperkembangan.html
http://superhugeblog.blogspot.com/2012/10/pemanfaatan-telematika.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: