Analisis Website E-government Kabupaten Jember

· Analisa

The World bank Groupu mendefinisikan E-Government sebagai :

“E-Government  refers to the use by government agencies of information technologies (such as Wide Ares Networks, the Internet, and mobile computing) that have the ability to transform relations with citizens, business and other arms of government” 

Jember adalah sebuah wilayah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur. Website kabupaten Jember merupakan salah satu website yang ada di provinsi Jawa Timut dengan alamat http://Jemberkab.go.id/ memiliki informasi yang cukup up-to-date dengan tampilan yang menarik.

website Kabupaten Jember

website Kabupaten Jember

Logo Kabupaten Jember

Logo Kabupaten Jember

Menurut panduan dari KOMINFO (2003), isi minimal pada setiap situs website pemerintah daerah:
1. Selayang pandang
Website ini memiliki selayang pandang yang berisi gambaran umum lokasi berdasarkan koordinat, topografi, sejarah, arti lambang, visi dan misi, pemerintahan, peta Jember, jumlah penduduk dan luas wilayah. Dimana semua hal tersebut dijelaskan secara terperinci dan jelas.

2. Pemerintahan Daerah
Struktur organisasi yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Jember ini berupa lembaga eksekutif. Struktur organisasi yang diberikan pun lengkap mulai dari profil bupati dan wakil bupati, profil badan yang ada dalam kabupaten Jember seperti Badan Kepegawaian, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Pusat Statistik, kantor PDAM, PLN, perpustakaan, Satpo Pamong Praja, pariwisata dan kebudayaan, dinas peternakan, perikanan, kelautan, dinas pertanian, dinas social, dinas pendapatan, dinas pasar, profil kecamatan, profil kelurahan. Data yang ada dalam web ini dilengkapi dengan biodata seperti nama pejabat, NIP, Pangkat.Gol/Ruang, no. telepon, no kantor, alamat kantor dan rumah, jabatan, nama keluarga, pendidikan, visi dan misi, program kerja dan pencapaian di setiap instansi, agama, dan lainnya. Tapi data kecamatan yang ditampilkan dari 31 kecamatan yang terdapat di kabupaten Jember hanya 11 kecamatan saja, data kelurahannya hanya satu kelurahan yang ditampilkan dari 22 kelurahan, masih adanya data kecamatan yang kosong pada web tersebut, tidak adanya data dari setiap desa di kabupaten Jember serta ketidaklengkapan informasi di setiap instansi.

3. Geografi
Website ini telah menjelaskan keadaan geografis dan demografi. Terdapat Informasi iklim, luas penggunaan lahan dan curah hujan, sungai serta topografi yang terdiri dari tekstur tanah dan geomorfologi, perkembangan perekonomian yang dilihat dari besaran product domestic regional bruto (PDRB) yang ditampilkan pada diagram batang dari tahun 2007-2011 saja. Namun, website ini tidak menjelaskan sosial, budaya serta sumber datanya.

4. Peta Wilayah dan Sumber Daya
Website Kabupaten Jember ini telah mensosialisasikan kepada masyarakat luas Batas administrasi wilayah Kabupaten Jember dalam bentuk titik koordinat menurut garis lintang dan bujur. Sumber daya yang dimiliki oleh Kabupaten Jember disajikan dalam bentuk teks.

5. Peraturan/Kebijakan Daerah
Website Kabupaten Jember tidak mensosialisasikan kepada masyarakat luas mengenai penjelasan peraturan daerah (perda) yang telah dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten Jember dalam website ini.

6. Buku Tamu
Website ini tidak memiliki fitur buku tamu yang berfungsi sebagai tempat untuk menerima masukan dari pengguna situs website pemda Kabupaten Jember dan juga tidak adanya forum sehingga masyarakat tidak bisa berinteraksi atau berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten Jember mengenai keluhan, saran dan sebagainya.

Unit Analisis E-Government dan Kategorisasi

Unit Analisis E-Government dan Kategorisasi

Penjelasan:
1. Informasi Menu Utama dalam Website
a. Potensi Daerah
Nilai indikator website ini untuk kategori potensi daerah adalah 4. Hal ini dikarenakan informasi mengenai potensi daerah yang ada pada website Kabupaten Jember baik dengan memiliki 9 jenis informasi potensi daerah diantaranya perkebunan dimana kabupaten Jember ini memiliki 11 jenis perkebunan diantaranya tembakau, kopi, kelapa, tebu, cengkeh, panili, lada, jambu mete, pinang, kapuk serta kakao yang dijelaskan berdasarkan luas areanya dan produksi yang dihasilkan dari tahun 2009-2011, peternakan dimana terdapat 8 jenis peternakan yaitu sapi potong, sapi perah, kambing, domba, ayam puras, ayam petelur, ayam pedaging dan itik yang dijelaskan mengenai perkembangan populasi ternak dari tahun 2009-2011 serta produksi dagingnya. Kehutanan, pariwisata, pertanian dimana kabupaten Jember memiliki jenis pertanian dari tanaman pangan (jagung, padi, kedelai), sayuran (sawi, cabe besar, kacang panjang), dan buah-buahan (alpukat, rambutan, jeruk, durian, manggis). Industri dimana dijelaskan perkembangan jumlah industry dan tenaga kerja dari tahun 2009-2011, perdagangan, kelautan dan perikanan, tenaga kerja serta pertambangan.

b. Komoditas Utama
Nilai indikator website ini untuk kategori komoditas utama adalah 3. Hal ini dikarenakan informasi mengenai komoditas utama yang ada pada website Kabupaten Jember cukup karena memiliki 6 penjelasan mengenai informasi komoditas utamanya, yakni pertanian, perkebunan, industri, pariwisata, perdagangan serta pertambangan.

c. Kualitas SDM
Nilai indikator website ini untuk kategori kualitas SDM adalah 3. Hal ini dikarenakan informasi mengenai kualitas SDM yang ada pada website Kabupaten Jember cukup dengan memiliki 5 informasi yakni laju pertumbuhan dari tahun 2010-2011, kepadatan penduduk, serta jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan serta kondisi ketenagakerjaan.

2. Informasi Tambahan dalam Fasilitas Website
a. Tahap I
Nilai indikator website ini untuk kategori tahap I yang meliputi informasi pendidikan dan pengetahuan adalah 3. Hal ini dikarenakan informasi pada tahapan I yang ada pada website Kabupaten Jember baik karena memiliki 3 informasi pendidikan, yakni perkembangan jumlah sekolah, siswa dan guru dari Taman Kanak-Kanak/PAUD dan Sekolah Menengah, berita pendidikan dan pengetahuan yang up-to-date, yakni pada tahun 2014, informasi pendidikan mengenai perkembangan hasil kelulusan dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas(SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) dari tahun 2009-2011 sekaligus informasi mengenai Perguruan tinggi yang ada di Jember yaitu UNEJ dari alamat, websitenya, visi dan misi, kepemimpinan dan sebagainya.

b. Tahap II
Nilai indikator website ini untuk kategori tahap II yang merupakan informasi perniagaan adalah 3. Hal ini dikarenakan informasi pada tahapan II yang ada pada website Kabupaten Jember cukup karena memiliki 4 informasi yaitu mengenai barang ekspor dimana kapupaten Jember ini mengekspor pertambangan, pertanian, perkebunan dan industri, informasi pariwisata, investasi perdagangan dari perusahaan makro sampai perusahaan mikro serta informasi barang produksi dari tahun 2009-2011.

c. Tahap III
Nilai indikator website ini untuk kategori tahap III mengenai informasi secara umum diluar dari kegiatan pemerintahan maupun informasi khusus yang berkaitan dengan kegiatan pemerintahan kabupaten adalah 4. Hal ini dikarenakan informasi tahapan III yang ada pada website Kabupaten Jember baik karena memiliki informasi tentang layanan masyarakat seperti daftar telepon, Informasi kesehatan berupa daftar nama rumah sakit beserta alamat, email, nomor telepon, terbentuknya rumah sakit tersebut, kepemimpinan dan websitenya. Informasi layanan pendidikan yakni Perguruan tinggi Universitas Negeri Jember beserta alamat, nomot telepon dan websitenya. Informasi layanan perhotelan berupa daftar hotel beserta alamat dan nomor telepon serta diberikan panduan kepada pengguna website ini untuk menentukan tempat tinggal sesuai selera. Informasi Polsek Jember disertai nomor telepon, informasi layanan transportasi berupa kereta api, taksi dan travel beserta alamat dan nomor telepon.informasi layanan pusat perbelanjaan berupa daftar toko beserta alamat dan jenis barang yang dijualkan, informasi layanan rumah makan/resto bserta alamatnya, layanan perizinan serta informasi .

3. Penyediaan Hubungan
a. G2C (Government to Citizen)
Nilai indikator website ini untuk kategori G2C (Government to Citizen) adalah 2. Hal ini dikarenakan penyedia hubungan G2C yang ada pada website Kabupaten Jember kurang karena tidak memiliki penyedia hubungan seperti ruang konsultasi, buku tamu, komentar tentang regulasi dan webmail. Website Kabupaten Jember hanya menyediakan kontak kami yang dapat dihubungi melalui telepon saja yaitu kontak humas dan BPBD Jember, adanya majalah jember yang diberikan secara online serta pelayanan pengaduan.

b. G2B (Government to Business)
Nilai indikator website ini untuk kategori G2B (Government to Business) adalah 3. Hal ini dikarenakan penyedia hubungan G2B yang ada pada website Kabupaten Jember ini cukup karena memiliki 3 penyedia hubungan G2B yang mencakup pariwisata, surat perijinan, banyaknya peluang investasi baik perusahaan makro maupun perusahaan besar.

c. G2G (Government to Government)
Nilai indikator website ini untuk kategori G2G (Government to Government) adalah 3. Hal ini dikarenakan penyedia hubungan G2G yang ada pada website Kabupaten Jember cukup karena memiliki hubungan dengan badan atau lembaga dibawah pemerintahan Kabupaten Jember yaitu badan yaitu Badan Kepegawaian, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Pusat Statistik, kantor PDAM, PLN, perpustakaan, Satpo Pamong Praja, pariwisata dan kebudayaan, dinas yaitu dinas peternakan, perikanan, kelautan, dinas pertanian, dinas sosial, dinas pendapatan, dinas pasar serta kecamatan atau kelurahan.

4. Aksesibilitas
Nilai indikator website ini untuk kategori aksesibilitas adalah 2. Hal ini dikarenakan kecepatan jaringan dalam mengakses setiap menu pada website Kabupaten Jember cukup dengan aksesibilitas sebesar 21.57 detik. Aksesibilitas tersebut diperoleh berdasarkan situs penghitung kecepatan jaringan yang beralamat http://gtmetrix.com/ dengan percobaan sebanyak 3x percobaan, yakni 22,2 detik, 21,1 detik, dan 21.41 detik. Data ketiga percobaan tersebut dibagi 3 sehingga diperoleh aksesibilitas sebesar 21,57 detik.

5. Design
a. Animasi
Nilai indikator website ini untuk kategori animasi adalah 1. Hal ini dikarenakan animasi yang terdapat pada website dikatakan sangat kurang karena tidak memiliki jenis desain animasi tetapi hanya gambar saja.

b. Grafis
Nilai indikator website ini untuk kategori grafis yang merupakan gambar dengan perpaduan warna yang cukup senada adalah 3. Hal ini dikarenakan grafis yang terdapat pada website dikatakan cukup karena memiliki 2 jenis desain grafis yang sesuai dengan pemilihan warnanya, ukuran, gambar dan tata letaknya dan pemilihan jenis hurufnya hanya 1 jenis hurufnya saja.

c. Teks Lengkap
Nilai indikator website ini untuk kategori teks lengkap adalah 4. Hal ini dikarenakan pada website ini hanya terdapat 1 jenis desain teks lengkap sehingga dikatakan baik karena memiliki 4 jenis desain teks lengkap, yakni bahasa yang dipakai menggunakan bahasa Ejaan Yang Disempurnakan dan terdapat fitur yang memakai bahasa Inggris atau dua bahasa, pemilihan kata serta format penulisan yang baik sehingga mudah dimengerti oleh pengguna website.

6. Jumlah Tingkatan Informasi
a. 1 Tingkat
Nilai indikator website ini untuk tahap persiapan adalah 1. Hal ini dikarenakan informasi mengenai tahap persiapan yang ada pada website Kabupaten Jember dikatakan sangat kurang karena hanya memiliki 1 penjelasan mengenai persiapan Sumber Daya Manusia.

b. 2 Tingkat
Nilai indikator website ini untuk kategori 2 tingkat adalah 2. Hal ini dikarenakan tingkatan informasi pada tingkat 2 yang ada pada website Kabupaten Jember ini dikatakan cukup karena hanya ada keterhubungan dengan lembaga lain saja.

c. 3 Tingkat
Nilai indikator website ini untuk kategori 3 tingkat adalah 1. Hal ini dikarenakan tingkatan informasi pada tingkat 3 yang ada pada website Kabupaten Jember dikatakan sangat kurang
karena tidak adanya tahapan pemantapan yang terdapat pada website hanya informasi saja.

d. 4 Tingkat
Nilai indikator website ini untuk kategori 4 tingkat adalah 3. Hal ini dikarenakan tingkatan informasi pada tingkat 4 yang ada pada website Kabupaten Jember dikatakan cukup karena tidak memiliki aplikasi layanan G2G, G2B, dan G2C. Dalam website ini hanya diberikan sedikit informasi layanan yang bersifat G2G, G2B, dan G2C.

sumber :

http://staffsite.gunadarma.ac.id/lintang/index.php?stateid=files&xcat_id=0.22

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: