JARINGAN KOMPUTER

· Uncategorized
Authors

Jaringan merupakan sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan oerngakat keras. Tujuan jaringan yaitu untuk memudahkan pengguna komputer untuk saling berbagi sumber daya yang terdapat di jaringan seperti printer, file/data dan sebagainya.

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem cliebt-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Tujuan utama dari didirikannya jaringan komputer adalah untuk bertukar data dan informasi.

 jaring

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Perangkat yang digunakan dalam jaringan komputer adalah Hub, Repeater, modem, router, bridge,  Network Interface Card (NIC) dan Kabel dan konektor.

Manfaat Jaringan Komputer

  • Untuk berbagi sumber daya, termasuk data dan informasi penting
  • Untuk memudahkan anggota dalam komunikasi antaranggota
  • Untuk mengakses informasi secara bersamaan dan cepat
  • Untuk memperluas pendayagunaan perangkat sistem operasi
  • Untuk mempermudah manajemen komputer

Jenis Jaringan Komputer

Jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan

  • LAN (local area network), yaitu jaringan komputer yang memiliki jangkauan cukup sempit. Biasa digunakan di perkantoran, kampus, sekolah, dan area-area tak terlalu besar lainnya.
  • MAN (metropolitan area network), yaitu jaringan komputer dengan jangkauan sekitar 50 kilometer. Jaringan ini kerap digunakan perusahaan atau sekolah dalam jarak yang cukup jauh, semisal antarkota.
  • WAN (wide area network), yaitu jaringan komputer yang jangkauannya cukup luas hingga antarnegara.
  • Internet (interconnected network), yaitu jaringan komputer dengan akses tanpa batas di seluruh dunia.

Topologi jaringan

Topologi jaringan merupakan Topologi jaringan merupakan diagram yang mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan

Macam-macam topologi jaringan

  1. Star Topology (Topologi Bintang)
    Star Topology (Topologi Bintang) merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan dengan komputer yang berada pada pusat konfigurasi yang berbentuk bintang yang berperan sebagai pengontrol komunikasi dan memberikan layanan   bagi komputer lain
  1. Ring Topology (Topologi Cincin)
    Ring Topology (Topologi Cincin) merupakan sekelompok komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi cincin, dimana salah satu berperan sebagai server
  1. Bus Topology (Topologi Bus)
    Bus Topology (Topologi Bus) merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung pada kabel khusus (bus), dimana salah satu komputer berperan sebagai server
  1. Tree Topology (Topologi Pohon)
    Tree Topology (Topologi Pohon) merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi pohon

Perbedaan jaringan komputer dan jaringan internet

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel maupun dengan sistem wireless sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.

Sedangkan Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet.
Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.

sumber:

http://khalibrary.blogspot.com/2011/02/perbedaan-jaringan-komputer-dan.html

http://endra-dwi-putra.blogspot.com/2012/04/pengertian-jaringan-internet-atau.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

http://komputerflas.blogspot.com/2014/05/pengertian-jaringan-komputer.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: