TELEMATIKA

· Pengantar Telematika
Authors

Telematika berasal dari bahasa Perancis “Telematique” yang merunjuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi merujuk pada sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna (Miarso, 2007). “Telematics“ adalah singkatan dari “Telecommunication” and “informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu (konvergensi). Semula media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi komunikasi pada saat itu.

Telematika merupakan layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Dial Up sendiri adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem. Layanan Dial-up masih banyak dipergunakan orang. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan memperoleh layanan koneksi dengan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), itu terjadi karena keterbatasan area geografis dan biaya.

Diperlukan perangkat-perangkat seperti berikut ini untuk melakukan Dial-Up Connection:

Perangkat keras:

–    Komputer

–    Modem

–    Saluran Telepon

Fungsi telematika yaitu

  1. Penyampai informasi. Maksudnya telematika ini memberikan informasi agar orang bisa mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran dari informasi tersebut dengan melakukan komunikasi ataupun yang lainnya.
  2. Sarana Kontak social hidup bermasyarakat. Dimana telematika ini sebagai jembtan proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan. Telematika juga bisa menjadi penghubung diantara masyarakat karena mereka bisa berinteraksi kapan pun dengan orang-orang yang berada di tempat yang berbeda dan jauh sehingga memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dengan yang lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan telematika pun sangat berkembang pesat dengan kemajuan teknologi. Dahulu seseorang jika ingin berkomunikasi jarak jauh menggunakan surat, tapi sekarang dengan menggunakan handphone ataupun melalui internet(berupa e-mail ataupun yang lainnya).  Begitu juga dengan perkembangan internet yang semakin canggih. Hampir semua orang di dunia ini menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan bahkan internet ini dapat digunakan sebagai komunikasi seperti e-mail.

Sumber :

http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/06/pengertian-dial-up.html

http://oneway-kurniasurbakti.blogspot.com/2014/01/telematika-trend-perkembangannya-di.html

http://dee-x-cisadane.webs.com/apps/blog/show/19169220-sejarah-penerapan-dan-perkembangan-trend-telematika-ke-depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: